gambar-dukung-gerakan-nasional-bangga-buatan-indonesia-pemkot-akan-dampingi-ukm-mendaftar-di-e-katalog-btxotxuflb

Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Pemkot Akan Dampingi Ukm Mendaftar Di E-Katalog

 Kota Mojokerto-GEMA MEDIA: Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ruby Hartoyo serta Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Muraji mengikuti sosialisasi peningkatan pembelian dan penggunaan produk dalam negeri dalam rangka bangga buatan Indonesia pada Senin, (21/2) di Ruang Sabha Pambojana Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk 50, Kota Mojokerto.

 Sosialisasi yang digelar secara virtual ini dipimpin secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan yang diikuti oleh Sekretaris Daerah Provinsi dan Bupati/Wali Kota se-Jawa Bali.

 Pada sosialisasi ini, Menko Luhut menyampaikan agar masing-masing Pemerintah Daerah mengoptimalkan belanja produk dalam Negeri melalui e-Purchasing dan e-Tendering minimal 40% dari anggaran belanja sebagai implentasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

 

“Masing-masing Pemerintah Daerah baik Pemprov, Pemkab/Pemkot agar segera membentuk Tim  Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada masing-masing OPD/SKPD,”arahnya.

Lebih lanjut Menko Marves meminta masing-masing Pemerintah Daerah bersama Kemendagri dan LKPP mempercepat pembentukan e-katalog local. “Bersama Kemendagri dan LKPP  masing-masing Pemda agar mempercepat pembentukan e-katalog local dan melakukan uji pendataan UKM/IKM/Artisan di masing-masing daerah untuk ditayangkan pada e-katalog dan toko daring,”tegasnya.

Hal lain yang menjadi perhatian Menko Luhut adalah agar Pemprov dan Pemkab/Pemkot bersama Kemendagri dan BPKP agar melakukan sinkronisasi dan harmonisasi peraturan pertanggungjawaaban keuangan untuk melakukan pengadaan  barang/jasa melalui e-Purchasing dan e-Tendering serta  bersama Kemendagri, ini Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengintegrasikan data pengadaan pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan SIRUP dan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIMDA)

 Terkait arahan dari Menko Marves tersebut, Ning Ita akan menindaklanjuti dengan pembentukan Tim P3DN di Kota Mojokerto. “Sebagaimana arahan Menko Marves, Pemerintah Kota Mojokerto akan segera membentuk Tim P3DN serta mendampingi para pelaku UKM yang sudah ber-NIB untuk mendaftarkan diri dalam e-katalog khususnya di e-katalognya Provinsi Jawa Timur ”JATIM BEJO” (Jawa Timur Belanja Online} ,”pungkasnya. (Na/an)